Selasa, 18 Desember 2018

Manusia dan Keadilan

KEADILAN

         Assalamualaikum Wr Wb

PENGERTIAN KEADILAN
  • Menurut Aristoteles, Keadilan adalah kelayakandalam tindakan manusia.
  • Keadilan oleh Plato diproyeksikan pada diri manusia  sehingga yang dikatakan adil adalah orang yang mengendalikan diri dan perasaannya dikendalikan oleh akal.
  • Menurut Socrates, Keadilan tercipta bilamana warga negara sudah merasakan bahwa pihak pemerintah sudah melaksanakan tugasnya dengan baik.
  • Kong Hu Cu berpendapat bahwa Keadilan terjadi apabila anak sebagai anak, bila ayah sebagai ayah, bila raja sebagai raja, masing-masing telah melaksanakan kewajibannya.
  • Menurut W.J.S Poerwodarminto, kata adil berarti tidak berat sebelah dan tidak semena – mena serta tidak memihak.
  • Secara umum, Keadilan adalah pengakuan dan perlakuan yang seimbang antara hak dan kewajiban.
  • Berdasarkan kesadaran etis, kita diminta untuk tidak hanya menuntut hak dan lupa menjalankan kewajiban. Jika kita hanya menuntut hak dan lupa menjalankan kewajiban, maka sikap dan tindakan kita akan mengarah pada pemerasan dan memperbudak orang lain. Sebaliknya pula jika kita hanya menjalankan kewajiban dan lupa menuntut hak, maka kita akan mudah diperbudak atau diperas orang lain.

        Kali ini saya akan menceritakan pengalaman keadilan, sejak dulu kita sudah mengenal budaya “mencontek”. Hal itu sudah bukan hal tabu bagi pelajar, banyak pelajar yang melakukan hal itu semata mata ingin mendapatkan nilai bagus dengan cara instan. Jujur saja, saya semasa SMA sering melakukan hal itu, segala cara saya lakukan bersama teman teman saya. Mulai dari setiap ada PR saya selalu melihat jawaban teman, setiap ujian bekerja sama dan masih banyak lagi cara “curang”. Tentu saja, di balik saya melakukan hal itu semua, saya mendapat ranking bahkan selalu mendapat 10 besar dengan nilai baik. Tetapi saya berpikir dan melihat teman teman saya yang selalu jujur, belajar kapan pun dan dimana pun, mereka mendapat nilai yang sama dengan saya bahkan ada yang dibawah saya. Kenyataan itu sungguh sangat tidak adil, semua hanya dilihat oleh angka tanpa di lihat usaha. Menurut saya, mulai sekarang tegakkan keadilan setinggi tinggi nya mulai dari hal seperti ini. Lihat lah perjuangan yang dilakukan pelajar, bukan semua hanya di nilai dengan angka. 




Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Ekonomi Koperasi

1.    1.   Perkembangan koperasi di Indonesia dilatarbelakangi oleh ideologi, sistem perekonomian dan budaya suatu bangsa. Jelaskan perbedaa...